CHAQIAL

Kumpulan Tulisan Ringan, Sahabat Saat Santai

Tonk Hilap! Mampir Ke Bogor

Ilustrasi : google.com
Masih ada yang tidak mengetahui keberadaan Kebun Raya Bogor? Sebuah ‘hutan’ yang berada di tengah kota, yang membuat asri, hijau dan menjadi paru-paru kota. Kebun Raya telah menjadi ikon bagi kota Bogor, selain itu Bogor memiliki julukan “Kota Hujan” hal ini sesuai dengan kenyataan dimana curah hujan di Bogor cukup tinggi intensitasnya.

Letak kota Bogor tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta, kurang lebih 60 km jaraknya. Moda transportasi yang dapat di gunakan bila menggunakan sarana angkutan darat dari Jakarta dapat menggunakan Bus dan Kereta Api Comuniter. Begitu juga dari arah Tanggerang, Depok dan Bekasi dengan mudah mencapai kota Bogor ini. Jika dari luar kota tentunya pusat pemberhentiannya di Jakarta, karena transportasi terpusat disana barulah kemudian menyambung kembali untuk menuju ke Bogor, tetapi ada juga sebagian Bus AKAP yang memiliki trayek langsung menuju ke Bogor. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai kota Bogor tidaklah sukar cukup mengikuti jalur jalan tol Jagorawi, Anda sudah dapat mencapai kota ini.  

Bogor selain menawarkan destinasi wisata alam seperti Kawasan Puncak  dan Kebun Raya yang sudah ke sohor, juga disini mata Anda akan di manjakan dengan destinasi wisata pakain jadi, tas dan sepatu yang letaknya di sekitar jalan Pajajaran hingga Jalur wilayah Tajur. Bagi kaum hawa tentunya senantiasa ingin mengganti tas atau sepatu dengan model yang terbaru, tidak usah kuatir di daerah Katulampa tersedia pusat tas, sepatu dan sandal yang bernama SKI.    

Selain kawasan puncak sebetulnya masih ada salah satu kawasan yang bila di eksplore tidak kalah menarik dan indahnya. Dengan suasana yang asri, sejuk dan juga ada beberapa air terjun serta pemandian air panasnya, destinasi ini layak untuk Anda datangi. Kawasan Salak Endah begitulah orang menyebutnya, sebuah kawasan yang terletak di kaki Gunung Salak ini menawarkan beberapa destinasi alam. Dari menikmati air terjun, pemandian air panas hingga bagi Anda pencinta naik gunung tersedia track untuk memenuhi hasrat Anda. Bila Anda senang kemping ada tersedia kawasannya, tidak usah kuatir bagi yang tidak menyenangi kemping disini tersedia penginap dan hotel. Dari penginap sederhana, wisma, villa yang disewakan hingga hotel berbintang sudah tersedia disini. Bagi yang ingin merasakan sensasi tinggal di sebuah tenda, disini juga ada dimana salah satu hotel membuat suasana tidur ala “Monggolian”. Anda benar-benar hidup seperti di perkampungan orang Mongol zaman dahulu, di jamin pasti menyenangkan.

Rasanya tak pas jika hanya mata saja yang dimanjakan sedangkan urusan perut tidak dimanjakan bisa berabe bung! ‘urusan perut bisa bikin heboh’. Destinasi kuliner di Kota Bogor tak kalah menarik dan marak, tak kalah dengan yang ada di kota Bandung yang sudah jadi trademark dan surganya wisata kuliner di Jawa Barat. Bogor juga menyimpan beberapa andalan kuliner yang bikin lidah bergoyang dan hati semaput, yang pastinya kuliner disini memberikan bukti bukan janji so “Tak Ada Dusta Diantara Kita” begitulah kata mereka. Dari kuliner yang modern seperti Roti Unyil, Makaroni Panggang, Bolu Talas, Asinan Bogor hingga makanan tradisional yang masih eksis hingga kini seperti, Toge Goreng, Laksa, Donclang dan panganan jajan yang dapat Anda nikmati disini. Semua hadir disini yang terpenting tinggal bagaimana Anda menyimpan tenaga untuk menelusuri kawasan wisata yang tersedia di Bogor.

Jika Anda menelusuri wilayah Bogor lebih ke dalam ke wilayah Kabupaten akan Anda dapati pula beberapa destinasi yang ditawarkan. Wisata Agro juga ada di wilayah ini, untuk Anda penggemar buah durian mampirlah ke Saung Warso yang terletak di daerah Cigombong kabupaten Bogor tidak jauh dari situ Anda dapat melanjutkan wisata air ke kawasan danau Lido.  Selain itu juga Anda dapat berkunjung ke tempat Pak Jimi Hantu, disini Anda dapat belajar tentang tumbuhan dan cara menanamnya. Pak Jimi dikenal dengan Jimi Hantu setelah beliau menemukan formula pupuk organik yang dapat merangsang buah lebih besar dan tanaman cepat berbuah. Pupuk ini dinamakan ”Pupuk Hantu” berupa pupuk cair yang kental berwarna putih yang penggunaannya dicampur ke dalam air. Tempat wisata agro yang satu ini berada di wilayah Ciapus Bogor Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Sepanjang mata memandang Anda akan dimanjakan dengan perkebunan rakyat, selain dulunya juga disini terdapat perkebunan milik ibu Tin Soeharto yang fokus dengan penelitian tanaman anggrek. Perkebunan rakyat yang banyak di tanami dengan Talas, Buah Naga, Jagung, sayuran dan lain sebagainya.

Keberadaan kota Bogor bukan hanya sebagai penyangga Ibu Kota negara dan bukan pula hanya sebagai pelengkap bagi kota Jakarta. Kota Bogor telah nyata memberikan kontribusi bagi wilayah sekitarnya. Dengan banyaknya destinasi baik itu wisata kuliner, sandang maupun wisata alamnya telah memberikan nilai bagi masyarakat “Megapolitan” yang terkenal dengan super sibuk. Tentunya bila ditata kelola dengan baik bukan tidak mungkin destinasi lokal menjadi andalan yang signifikan bagi Pemasukan Asli Daerah. Dan juga jangan sampai Bogor hanya dijadikan sebagai kambing hitam “pengirim banjir” bagi wilayah sekitarnya. Dengan kehadiran destinasi wisata yang berada di Bogor tentunya sudah dapat menjadi tempat tujuan wisata domestik yang menyenangkan dan tentunya memberikan kebahagian bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Tonk! Hilap untuk berkunjung ke Bogor, begitulah urang Bogor menyapa Anda. (AR. Rahadian)
Labels: feature

Thanks for reading Tonk Hilap! Mampir Ke Bogor. Please share...!

0 Comment for "Tonk Hilap! Mampir Ke Bogor"

Back To Top